Pengikut

Simak Waktu yang Tepat dan Tips Memilih Busi Motor!

11 komentar
Harga busi motor

kikichemist.com,- Sebagai manusia yang tinggal di Negara Indonesia, tentu berkendara menggunakan sepeda motor bukanlah hal yang asing lagi. Bepergian ke sana ke mari menggunakan sepeda motor sudah menjadi budaya masyarakat.

Gak hanya untuk bepergian belanja ke warung, sepeda motor juga kerap digunakan untuk perjalanan panjang seperti touring, ataupun pergi ke lintas kota. Seperti adikku, yang harus melalui perjalanan dari Aceh ke kota Medan setiap kali libur kuliah tiba.

Kondisi kendaraan yang prima pasti sangat dibutuhkan, busi motor sangat berperan penting agar sepeda motor bisa digunakan secara optimal. 

Busi yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, serta jarak tempuh yang cukup jauh tentu akan mengalami penurunan performa. Jadi, apa saja kriteria yang bisa kita kenali jika sepeda motor perlu mengganti busi? Yuk lihat ke bawah!

1. Motor Sulit Dinyalakan atau Tiba-tiba Mogok

Penurunan performa kendaraan yang paling dapat dirasakan adalah ketika sepeda motor mulai sulit untuk dinyalakan. Keadaan ini sudah pasti menjadi indikator bahwa ada komponen penting sepeda motor yang harus segera diganti, yaitu busi. 

Terlebih lagi, jika secara tiba-tiba motor kita mogok, ini menandakan percikan api yang diperlukan ruang pembakaran sepeda motor tidak cukup. Peran busi yang sangat krusial dalam proses di ruang pembakaran harus segera diatasi dengan menggantinya. Sudah pasti harga busi motor akan variatif tergantung dari jenis kendaraannya.

2. Suara Mesin yang Mulai Berubah

Indikator yang bisa kita jadikan pertimbangan untuk penggantian busi lainnya adalah dengan memperhatikan suara mesin sepeda motor. Disaat kondisi busi tidak baik-baik saja, kendaraan kita juga akan memberi kode dengan perubahan suara mesin yang menjadi kasar.

3. Perkirakan Jarak Tempuh

Pada umumnya, busi sepeda motor dapat bertahan setelah menempuh perjalanan sekitar 6.000-10.000 km, atau bisa dibilang selama 3-4 tahun tergantung dari penggunaan sepeda motor. 

Ketika usia busi telah mencapai batas tersebut, maka ada baiknya untuk segera mengganti busi sepeda motor. Penggantian busi juga bisa diperkirakan dengan mencocokkan waktu penggantian oli dengan penggantian busi.

4. Melepas dan Memeriksa Busi Secara Langsung

Ketika sepeda motor terasa susah tarikannya meskipun jarak tempuh dari sepeda motor tersebut belum memenuhi 6.000-10.000 km, maka melepas dan memeriksa busi secara langsung menjadi pilihan yang tepat. 
Ketika kondisi elektroda pada busi ternyata banyak ditemui karbon berwarna hitam hasil residu pembakaran, maka dapat dipastikan busi harus segera diganti.

Tips Memilih Busi Motor

Memilih busi motor yang baik juga menjadi prioritas kita untuk menjaga performa sepeda motor, harga busi motor yang variatif sesuai dengan jenis kendaraannya kadang kala juga menjadi pertimbangan. Namun, di sisi lain, kita bisa memilih busi motor dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Mengetahui Angka Panas Busi Kendaraan

Angka panas pada busi cukup penting untuk diketahui. Angka panas pada busi yang terlalu besar, dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya pengendapan karbon pada busi, sementara angka panas yang terlalu kecil dapat menyebabkan pemanasan yang berlebihan.

2. Melihat Ukuran Busi

Ukuran dari busi yang akan kita gunakan penting untuk diketahui, terutama bagian jangkauan insulator, diameter ulir, juga panjang ulirnya. Ukuran yang tidak sesuai dapat menyebabkan pemanasan berlebih, sehingga umur busi tidak cukup lama, akibat timbulnya endapan karbon yang menyebabkan pengapian tidak berjalan sempurna.

3. Perhatikan Tampilan Fisik

Tak hanya bagian dalam, tampilan fisik busi juga penting untuk diperhatikan. Busi yang baik adalah busi yang memiliki ring kuat atau sulit dilepas dan metal shellnya lebih mengkilap. 

Kondisinya yang baik juga dapat dilihat dari ulir terminal nut, konstruksi ujung elektroda, gap, dan penyambungan busi yang rapi.

Penutup

Harga busi motor tidak terlalu mahal, tapi busi menjadi salah satu komponen pokok yang paling penting untuk kendaraan kita. Jadi, tetap sayangi kendaraan anda dengan mengganti busi motor secara teratur , jika sudah tiba waktunya. Harga busi motor yang affordable plus bagus juga bisa kita dapetin di Planet Ban.

Selain berkenaan dengan kenyamanan, tentu juga penting bagi keselamatan kita berkendara. Tentunya, tiba-tiba mogok saat berkendara ke tempat yang jauh bin gak ada bengkel bakalan buat kita kesel. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan busi sepeda motor yang kita miliki.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

11 komentar

  1. Wah bermanfaat sekali kak. Makasih atas infonya

    BalasHapus
  2. wah makasih saya jadi tau ternyata perlu pertimbangan angka panas untuk milih busi

    BalasHapus
  3. Wah, makasih ya atas infonya! Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat dan membantu

    BalasHapus
  5. Bener banget, rutin ganti busi saat udah waktunya harus dilakuin. Apalagi untuk motor yang sering dipake melalang buana kayak aku

    BalasHapus
  6. Penting banget tau ciri busi yang udah harus diganti, jauh jauh deh mogok tengah jalan

    BalasHapus
  7. Wahh ternyata sepenting itu ya memperhatikan busi motor

    BalasHapus
  8. Penting memang menjaga kesehatan busi kendaraan, sekarang jadi lebih paham milih busi yang bagus

    BalasHapus
  9. Nambah pengetahuan
    Mengurangi pengeluaran deh
    Informasinya bermanfaat

    BalasHapus
  10. Barusan cek harga Denso Busi Motor di Planet Ban, ternyata harganya memang cukup terjangkau. Makasih infonya!

    BalasHapus
  11. Perawatan busi memang penting banget, dapet insight baru nih. Jadi tau gimana antisipasi kalo busi udah mulai nyeleneh

    BalasHapus

Posting Komentar